SiaranPersKemendag

Rayakan Natal di Kupang, Thomas Lembong Sumbang Pesantren

Kupang, 27 Desember 2015 – Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong selaku Ketua Panitia Natal Nasional menyumbang pesantren muslim di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (27/12). Bantuan juga diberikan ke panti asuhan, panti rehabilitasi kusta, beasiswa, dan pembangunan fasilitas sosial. Total bantuan senilai Rp 1,8 miliar. “Rangkaian Perayaan Natal Nasional 2015 merupakan pesta kebersamaan yang bersifat nasional, bukan hanya milik umat Kristen dan Katolik. Inilah indahnya kebersamaan,” tegas Mendag Thomas kepada wartawan di Kupang, Minggu (27/12).

Rangkaian Perayaan Natal Nasional 2015 dimulai dengan kegiatan peduli sosial dari anak-anak Indonesia yang sebagian adalah anak-anak berkebutuhan khusus melalui persembahan karya musik, tari, serta pameran dan lelang lukisan yang dilaksanakan di Gedung Kementerian Perdagangan, di Jakarta, pada 11 Desember 2015 lalu. Sebagian dari hasil lelang lukisan disumbangkan kepada anak-anak NTT yang membutuhkan. Mendag Tom Lembong menyerahkan bantuan yang dipusatkan pada kegiatan bakti sosial di SMA Kristen Pandhega Jaya, Kelurahan Oelnasi, Kupang, NTT. “Bantuan sosial diantaranya disalurkan di sektor pendidikan, kesehatan, serta fasilitas masyarakat,” ujar Thomas.

Di sektor pendidikan, bantuan berupa beasiswa kepada 300 anak sekolah di Panti Asuhan Sonaf Maneka, LKSA Sekolah Kristen Desra, dan Panti Asuhan GMIT, serta pemberian sumbangan perangkat laboratorium komputer dan perpustakaan di dua sekolah, yaitu SMP Kristen Generasi Unggul Kupang dan SMA Kristen Pandhega Jaya Kupang.

Di sektor kesehatan, bantuan berupa sumbangan Kepada Pusat Rehabilitasi Kusta di empat lokasi, yaitu Pusat Rehabilitasi Kusta Binongko, Pusat Rehabilitasi Kusta Bunda Pembantu Abadi NAOB, Pusat Rehabilitasi Kusta Lembata, dan Pusat Rehabilitasi Kusta Stanta Damian. Pelayanan kesehatan gratis dilakukan di Kabupaten Alor pada 12-13 Januari 2016 untuk jenis pengobatan operasi mata katarak, pemeriksaan dan pengobatan gigi, sunatan massal, dan pengobatan umum kepada 1.900 orang.

Sedangkan di sektor fasilitas masyarakat, bantuan diberikan dalam bentuk pemberian sumur bor dan fasilitasi air bersih diberikan kepada Panti Sunaf Maneka, Panti Agape, dan Pondok Pesantren Al Hikmah; serta pemberian bantuan dana kepada lima panti sosial, yaitu Pondok Pesantren El-Fata Kupang, Panti Asuhan STA Arnoldia Sulu-Obor, Panti Sosial Bina Remaja ST. Pius Bitauli, Panti Sosial Anak Riang Naibonat, dan Panti Asuhan Kristen GMIT 221.

Gladi Bersih
Selain memberikan bantuan, Mendag Tom juga memimpin gladi bersih Perayaan Natal Nasional 2015 yang dipusatkan di Alun Alun Rumah Jabatan Gubernur Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam gladi bersih ini, dilakukan kolaborasi drama dan musik antara unsure umat Kristiani dan Muslim. Aksi simulasi pengamanan Presiden dan Ibu Negara juga diperagakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), yang tampil dengan seragam lengkap. Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri perayaan Natal ini.

Sumber: http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/12/28/rayakan-natal-di-kupang-thomas-lembong-sumbang-pesantren-id0-1451259940.pdf

basarnasNTT

PERAYAAN NATAL NASIONAL DI KUPANG

Kupang—- Minggu (27/12). Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong dalam rangka rangkaian Perayaan Natal Nasional memberikan bantuan bakti sosial berupa  pemberian sumur bor dan fasilitasi air bersih kepada pondok Pesantren Al Hikmah, Panti Asuhan Sonaf Manekan dan Panti Asuhan Agape kemudian pemberian bantuan beasiswa kepada anak sekolah di Panti Asuhan Sonaf Manekan, Panti Asuhan Kristen GMIT, Panti Asuhan Al Hikmah, Panti Asuhan At Tin, Panti Asuhan Agape, Panti Asuhan Kristen Petra, Panti sosial anak riang Naibonat, serta pemberian sumbangan perangkat laboratorium komputer dan perpustakaan di dua sekolah, yaitu SMP Kristen Generasi Unggul Kupang dan SMA Kristen Pandhega Jaya kupang.

Acara bakti sosial Perayaan Natal Nasional  2015 bertempat di SMA Kristen Pandhega Jaya, Desa Oelnasi Kabupaten dihadiri oleh Kepala Badan SAR Nasional diwakili oleh Deputi Bidang Operasi SAR Mayjen.TNI Heronimus Guru, M.Si.Han, Sekretaris umum Panitia Nasional, Anggota Panitia Natal Nasional (pusat dan daerah),Perwakilan dari pemerintah daerah, Perwakilan dari pramuka desa, Perwakilan guru, Perwakilan dan Siswa dari panti asuhan.

Senin (28/12/2015) Presiden RI, Joko Widodo bersama ibu Negara Iriana Widodo akan  merayakan Natal Nasional bersama masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur  NTT di Jalan El Tari  Kota Kupang, dihadiri oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Kepala Badan SAR Nasional diwakili oleh Deputi Bidang Operasi SAR  Mayjen.TNI Heronimus Guru, M.Si.Han,  Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri, Menteri ESDM, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kupang NTT.

Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong selaku Ketua Panitia Natal Nasional 2015 menyampaikan bahwa, Perayaan Natal Nasional ini menjadi perayaan bagi semua masyarakat, bagi kehidupan bersama yang mencintai kebersamaan, menyayangi keberagaman dan toleransi. Hidup bersama sebagai satu bangsa, satu Tanah Air Indonesia sesuai dengan tema yang diusung, yaitu “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah”.selain itu Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong juga menyampaikan bahwa Perayaan Natal Nasional 2015 di Kupang, dengan memperkenalkan potensi daerah, ciri khas dan semangat masyarakat yang positif dan baik hati. Pemilihan kupang sebagai tuan rumah Perayaan Natal Nasional. inilah indahnya toleransi Natal dalam toleransi dan kasih pada sesama, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap Pemerintah Daerah NTT dan Uskup Agung Kupang, serta pemimpin gereja di NTT yang telah membantu menyukseskan perayaan Natal Nasional 2015.

Sumber : http://www.basarnas.go.id/artikel/perayaan-natal-nasional-di-kupang

dirjen

Kegiatan Bakti Sosial Panitia Natal Nasional

Mengawali Perayaan Natal Nasionai 2015, Panitia Natal yang diketuai Menteri Perdagangan RI, Thomas Trikasih Lembong, menyampaikan beragam bantuan bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Aula SMA Kristen Pandega Jaya, Jalan Tilong Dam KM-5 Keluarahan Oelnasi – Kupang,  NTT tanggal 27 Desember 2015.

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Direktur Urusan Agama Katolik DITJENBIMAS Katolik, Direktur Pendidikan Katolik DITENBIMAS Katolik Kementerian Agama, Fransisca Lembong, para siswa-siswi panti asuhan penerima bantuan, serta jajaran Panitia Natal Nasional 2015.

Penyerahan Paket Bakti Sosial ini berupa tiga paket peralatan sumur bor sebagai sarana pembuatan air bersih, serta bantuan sosial lainnya bagi beberapa Panti Asuhan dan bantuan beasiswa bagi para siswa-siswi panti yang berprestasi.

Kegiatan diawali dengan kebaktian Natal berisi doa pembukaan, lagu-lagu pujian serta penyampaian firman yang dibawakan oleh Johny Kilapong, MA, CBS, LBS yang juga Ketua Yayasan SMA Kristen Pandega Jaya.

Dalam sambutan singkatnya, Menteri Perdagangan berharap agar paket sosial yang diberikan dapat membantu masyarakat NTT yang selama ini memang mengalami kesulitan air bersih. Lembong juga memotivasi para siswa-siswi panti untuk tetap meraih cita-cita meski dalam situasi yang sulit. “Negeri ini memerlukan para pemimpin yang berkualitas, yang mana saya yakin bisa dari daerah ini,” tandas Menteri. Dilanjutkan Sambutan dari perwakilan penerima bingkisan sosial, Devi Dwi Dutavive,S.Pd. – Kepala Sekolah SMA Krsten Pandega Jaya.

Adapun para penerima bantuan pendidikan adalah, Panti Asuhan (PA) Agape, PA Sonaf Manekan, PA Petra, PA Aisyah, dan PA GMIT.

Sumber: http://bimaskatolik.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=318574

 

bantuan sekolah dan panti asuhan

Serahkan Bantuan untuk Sekolah dan Panti Asuhan
Menteri Perdagangan RI

SUKA CITA. Menteri Perdagangan RI, Thomas Trikasih Lembong dan istri, Fransiska Lembong pose bersama anak-anak panti, Minggu (27/12) pagi kemarin usai menyerahkan bantuan pembangunan maupun perlengkapan sekolah.
KUPANG, TIMEX-Menteri Perdagangan RI, Thomas Trikasih Lembong, Minggu (27/12) pagi kemarin, menyerahkan bantuan biaya pembangunan maupun perlengkapan sekolah kepada sejumlah pengurus panti asuhan dan anak sekolah yang ada di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Sekolah Kristen Pandega Jaya, Tilong, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Saat penyerahan kemarin, nampak Menteri Perdagangan didampingi istri, Ny. Fransiska Lembong serta Sekretaris Umum Panitia Natal Nasional 2015, Sondang Anggraini.

Dalam sambutannya, Thomas Lembong, mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah kepada lembaga-lembaga, baik itu panti asuhan maupun sekolah-sekolah yang ikut membangun Indonesia, dari berbagai sektor kehidupan.

Thomas Lembong, juga mengingatkan, bahwa bantuan yang diberikan juga merupakan motivasi agar terus berkarya dan berusaha untuk kebaikan bersama.

Sebelum penyerahan bantuan, dilaksanakan ibadat bersama yang dipimpin Pendeta Johni Kilapong.

Dalam kotbahnya, bertema “Imanuel” Pendeta Kilapong, mengatakan, Yesus merupakan Tuhan untuk semua orang. Bukan hanya untuk umat Kristiani, namun untuk semua orang dimuka bumi ini. Agama apa pun dia. Artinya, setiap orang berhak untuk mengikuti Kristus,” kotbahnya.

Imanuel yang berarti Tuhan Berserta Kita, jelas Pendeta Kilapong, merupakan sebuah kasih sempurna, yang tak tertandingi oleh apa dan siapa pun di muka bumi ini.

Dan, Kasih Tuhan yang besar itu akan mampu merubah hidup setiap orang dari keadaan terpuruk menjadi lebih baik. Pendeta Kilapong yang juga seorang motivator ini diakhir kotbahnya, mengecam berbagai praktek korup di daerah Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, NTT memiliki potensi yang besar dalam berbagai sektor. Hanya saja, pemerintah di daerah ini masih banyak yang praktek korup.

“Banyak memang bantuan dari pusat. Namun, lihat saja, dari hari ke hari NTT saja tidak maju-maju. Ini karena masih banyak orang yang mengurus NTT ini tidak dengan jujur dan masih suka mencuri,” kecam Pendeta yang juga adalah Ketua Yayasan Sekolah Kristen Generasi Unggul NTT ini. (onq)

Sumber : http://www.timorexpress.com/20151228093359/serahkan-bantuan-untuk-sekolah-dan-panti-asuhan

 

hadiahBukuNTT

Kado Buku untuk Anak NTT

MAT jumpa kembali untuk Sobat Keren semuanya. Kiranya semua masih situasi sukacita natal tahun 2015 ini. Nah…di hari suci, umat Kristiani ini, hadir salah seorang Sobat kita, Talia Lembong, putri dari Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong.

Minggu (27/12) kemarin, Talia ikut memberikan sumbangan buku bagi anak-anak panti Asuhan serta beberapa teman kita di SMA Kristen Pandega Jaya Tilong dan SMP Kristen Generasi Unggul Kupang.

Menariknya, ilustrasi pada sampul buku berjudul kisah anak-anak dari Alor-Nusa Tenggara Timur tersebut merupakan karya dari Talia Lembong. Sobat Keren yang sementara menyelesaikan pendidikannya di Singapura ini, mengakui, kagum dengan cerita tentang anak-anak dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Dia mengaku terinspirasi untuk menggambar ilustrasi anak-anak Alor setelah menyimak kisah dan cerita dari Alor yang masih sangat kental dengan kehidupan yang sangat dekat dengan alam.

“Saya tertarik dengan kisah dan cerita dari anak-anak di Alor. Makanya saya menggambar ilustrasi pada sampul buku yang disumbangkan ke teman-teman di NTT ini,” katanya.

Dia mengaku sangat tertarik dengan anak-anak di NTT yang ramah-tamah. “Yang saya tahu itu, anak NTT masih sangat dekat dengan alam. Ke sekolah, bermain di rumah, anak NTT masih sangat dekat dengan alam. Saya kagum dengan anak NTT. Mereka hebat-hebat seperti anak di daerah lainnya di Indonesia. Tania Lembong, mengucapkan selamat natal untuk semua. Tetap belajar untuk menggapai citacita,” ujarnya. (onq)

Sumber: http://www.timorexpress.com/20151228085253/rss.xml

 

terasNTT

SAR Serahkan Sumur Bor untuk Tiga Panti Asuhan

OELAMASI, Terasntt.com — Kekurangan air bersih bagi tiga panti asuhan di Kabupaten Kupang teratasi. Bantuan dari Badan SAR Nasional tersebut diserahkan langsung Kepala Deputi OPS SAR, Heronimus Guru di Aula SMA Kristen Pandhega Jaya, Desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Minggu (27/12/2015).

Guru mengatakan, bahwa bantuan sumur bor bertujuan untuk menyediakan air bersih bagi anak panti asuhan, juga sebagai wujud kepedulian terhadap kehidupan anak di panti asuhan.

Menurutnya, penyaluran bantuan tersebut berdasarkan berdasarkan survey Badan SAR terhadap fasilitas air bersih pada panti asuhan dan ternyata itu yang menjadi persoalan yang harus diatasi.

Untuk itu, lanjutnya Badan SAR Kupang bekerja keras menyediakan 3 unit sumur bor untuk tiga panti asuhan masing I masing, panti asuhan Sonaf Maneka, Kasih Agape dan panti asuhan Al Hikmah.

” Fasilitas air bersih sangat penting sehingga kami mengupayakan sumur bor sebagai bantuan bagi panti asuhan untuk mengatasi kebutuhan air bersih,” ujarnya.

Guru juga, menjelaskan selain sumur bor ada juga kegiatan penghijauan lingkungan dengan berbagai anakan produktif disekitar lokasi sumur bor agar ketersediaan air tetap terjaga dan bertahan lama guna memenuhi kebutuhan air bersih untuk anak panti asuhan. (man)

Sumber: http://www.terasntt.com/sar-serahkan-sumur-bor-untuk-tiga-panti-asuhan/

 

beritasatu

Rayakan Natal di Kupang, Menteri Perdagangan Sumbang Pesantren

Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong selaku Ketua Panitia Natal Nasional menyumbang pesantren muslim di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (27/12). Bantuan juga diberikan ke panti asuhan, panti rehabilitasi kusta, beasiswa, dan pembangunan fasilitas sosial, dengan total nilai Rp 1,8 miliar.

“Rangkaian Perayaan Natal Nasional 2015 merupakan pesta kebersamaan yang bersifat nasional, bukan hanya milik umat Kristen dan Katolik. Inilah indahnya kebersamaan,” kata Mendag dalam keterangan resminya, Senin (28/12).

Mendag menjelaskan, bantuan diberikan dalam bentuk pemberian sumur bor dan fasilitasi air bersih diberikan kepada Pondok Pesantren Al Hikmah, dan bantuan dana kepada Pondok Pesantren l-Fata Kupang.

Menurut Mendag, rangkaian Perayaan Natal Nasional 2015 dimulai dengan kegiatan peduli sosial dari anak-anak Indonesia yang sebagian adalah anak-anak berkebutuhan khusus melalui persembahan karya musik, tari, serta pameran dan lelang lukisan yang dilaksanakan di Gedung Kementerian Perdagangan, di Jakarta, pada 11 Desember 2015. Sebagian dari hasil lelang lukisan disumbangkan kepada anak-anak NTT yang membutuhkan.

Mendag menyerahkan bantuan yang dipusatkan pada kegiatan bakti sosial di SMA Kristen Pandhega Jaya, Kelurahan Oelnasi, Kupang, NTT. “Bantuan sosial diantaranya disalurkan di sektor pendidikan, kesehatan, serta fasilitas masyarakat,” ujar Mendag.

Di sektor pendidikan, bantuan berupa beasiswa kepada 300 anak sekolah di Panti Asuhan Sonaf Maneka, LKSA Sekolah Kristen Desra, dan Panti Asuhan GMIT, serta pemberian sumbangan perangkat laboratorium komputer dan perpustakaan di dua sekolah, yaitu SMP Kristen Generasi Unggul Kupang dan SMA Kristen Pandhega Jaya Kupang.

Di sektor kesehatan, bantuan berupa sumbangan Kepada Pusat Rehabilitasi Kusta di empat lokasi, yaitu Pusat Rehabilitasi Kusta Binongko, Pusat Rehabilitasi Kusta Bunda Pembantu Abadi NAOB, Pusat Rehabilitasi Kusta Lembata, dan Pusat Rehabilitasi Kusta Stanta Damian. Pelayanan kesehatan gratis dilakukan di Kabupaten Alor pada 12-13 Januari 2016 untuk jenis pengobatan operasi mata katarak, pemeriksaan dan pengobatan gigi, sunatan massal, dan pengobatan umum kepada 1.900 orang.

Sedangkan di sektor fasilitas masyarakat, bantuan diberikan dalam bentuk pemberian sumur bor dan fasilitasi air bersih diberikan kepada Panti Sunaf Maneka, Panti Agape, dan Pondok Pesantren Al Hikmah; serta pemberian bantuan dana kepada lima panti sosial, yaitu Pondok Pesantren l-Fata Kupang, Panti Asuhan STA Arnoldia Sulu-Obor, Panti Sosial Bina Remaja ST. Pius Bitauli, Panti Sosial Anak Riang Naibonat, dan Panti Asuhan Kristen GMIT 221.

Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/336095-rayakan-natal-di-kupang-menteri-perdagangan-sumbang-pesantren.html